Istilah-Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola

PENAWARTA.COM – Nama pesepak bola Suarez pernah menjadi perbincangan para penikmat sepak bola di seluruh dunia. Bukan karena penyakit ngegigitnya kambuh lagi, melainkan prestasi dia yang bisa mencetak “quattrick” dalam sebuah pertandingan.

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa “quattrick” itu? Quattrick adalah sebutan bagi seorang pemain yang bisa mencetak 4 gol dalam satu pertandingan. Selain “quattrick”, masih banyak lagi sebutan-sebutan untuk berapa jumlah gol dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Berikut ini adalah istilah-istilah jumlah gol dalam dunia olahraga sepak bola:

1. Brace
Brace merupakan sebutan bagi pemain yang bisa mencetak 2 gol dalam sebuah pertandingan. Level ini mungkin enggak terlalu sulit, karena pasti sudah sering kita lihat pemain yang bisa nyetak 2 gol.

2. Hattrick
Hattrick merupakan kondisi di mana seorang pemian bisa mencetak 3 gol dalam satu pertandingan. Istilah “hattrick” sendiri diambil dari dunia sulap kuno, di mana pesulap selalu mengeluarkan 3 kelinci dalam topinya ketika melakukan sulap. Hattrick tercepat yang pernah tercipta dibuat oleh pemain asal Inggris Tomy Ross pada tahun 1964. Tommy Ross hanya perlu 90 detik untuk menyarangkan 3 gol ke jala lawan.

3. Quattrick
Quattrick merupakan sebutan untuk pemain yang mencetak 4 gol dalam satu laga. Hal tersebut bisa dibilang sulit, tapi meskipun begitu banyak juga pemain yang bisa melakukannya seperti Suarez, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

4. Quintrick
Quitrcik memiliki level yang lebih sulit dari quattrick, karena sang pemain dituntunt untuk mencetak 5 gol dalam satu pertandingan. Robert Lewandowksi merupakan pemain yang pernah menjadi cacatan media bisa mennyetak 5 gol cuma dengan waktu 9 menit saja.

5. Double Hattrick
Kalau hattrick adalah sebutan untuk 3 gol, maka double hattrick ditunjukan bagi pemain yang bisa mencetak 6 gol dalam satu laga. Memang jarang ada pemain yang bisa mencetak gol “Double Hattrick. Salah satu pemain yang tercatat bisa melakukan kaeajaiban ini adalah penyerang asal Leeds United, Matt Smith. Meski namanya tidak secemerlang Neymar atau Gareth Bale, namun prestasinya bisa dibilang cukup unik. Karena Matt Smith ini sempat mencetak 6 gol dalam satu pertandingan! Sumbangsih golnya itu membantu Leeds United menang atas FC Gherdenia dengan skor 16-0 kala itu. (PENAWARTA.COM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s